Kampung Halaman

Dipostingan pertama saya ini. Saya akan menceritakan Kampung Halaman saya. Kampung Halaman saya adalah sebuah pulau kecil yang berada di selatan pulau Sumatra,  yaitu pulau Belitung.
pasti di antara para pembaca ada yang belum kenal dengan pulau satu ini. Pulau Belitung ini adalah pulau penghasil Timah terbesar di Indonesia pada zaman penjajahan kolonial Belanda dulu. Dan sekarang pun masih menghasilkan Timah, walaupun tidak sejaya zaman dahulu.

Ohh.. ya, pulau Belitung ini juga pernah di jadikan sebai tempat syuting Film Laskar Pelangi ( Riri Riza, dan Mira Lesmana )dan Video Sound Track Laskar Pelangi ( Nidji ). Di pulau ini ada beberapa pantai yang sangat terkenal dengan keindahannya. Ini nihh beberapanya:

1. Pantai Tanjung Kelayang


Terletak di kecamatan sijuk meliputi area seluas 60 hektar, sekitar 27 Km dari Tanjungpandan ibukota Kabupaten Belitung. Tanjung Kelayang memiliki pesisir sepanjang kurang lebih 1,5 km dengan lebar pantai (-+) 7 m pada saat pasang tertinggi, dan (-+) 10 m pada saat pasang terendah. Merupakan salah satu kawasan wisata pantai terkenal di Belitung, batu besar disini memiliki berbagai bentuk, ada yang seperti elang hendak terbang. Karakteristik pantainya berpasir putih dan laut biru yang tenang diantara batuan granit dengan panorama pohon kelapa disepanjang pesisir.


  • Lokasi : Desa Keciput, Kec. Sijuk
  • Jarak dari pusat kota : 27 Km
  • Fasilitas : Cottage, Sarana Makan / Minum, Toilet
  • Atraksi Khusus : Snorkling, Diving dan Wisata pantai dengan panorama alam dengan bebatuan.
sumber : http://disbudpar.belitungkab.go.id/pages/wisata/wisata-bahari/pantai-tanjung-kelayang.php

2. Pantai Tanjung Pendam

Pantai Tanjung Pendam berada di pusat kota Tanjungpandan, tidak jauh dari Museum Pemda Tk. II Belitung. Terdapat gedung-gedung peninggalan jaman Kolonial Belanda yang hingga kini masih digunakan sebagai tempat tinggal dan sarana umum seperti rumah sakit. Gedung-gedung Tua di tepi pantai ini mengarah ke Barat dan wisatawan bisa menyaksikan sunset   ketika senja hari. Tempat wisata ini, selain hari-hari libur juga ramai dikunjungi bila sore hari oleh penduduk lokal untuk bersantai.

 Fasilitas yang ditawarkan seperti rumah makan dan area arena permainan yang sering digunakan untuk event-event tertentu. Acara tradisi Buang jong pada tahun-tahun tertentu oleh suku Sawang, diadakan di tepi  pantai ini sekitar bulan Agustus sampai November.

Potensi paling populer pantai tanjung pendam sering dimanfaatkan masyarakat untuk mencari kijing, yaitu sejenis cacing laut yang diambil dari lubangnya menggunakan kapur sirih dengan lidi sapu atau benang. Masyarakat juga dapat memanfaatkan laut Tanjung Pendam untuk memancing ikan bebulus. Kawasan pantai seluas 22 Ha ini yang telah dikembangkan oleh dinas pariwisata dan kebudayaan kabupaten Belitung seluas 2,25 Ha dengan menyediakan berbagai fasilitas umum, sementara yang 19,75 Ha hingga saat ini belum dikembangkan.
  • Lokasi : Desa Tanjung Pendam, Tanjungpandan (di Pusat Kota Tanjungpandan)
  • Fasilitas : Panggung Terbuka, Artshop, Toilet, Warung Makan / Minum, Mushola, Shelter,  Jogging Track, Taman Bermain
  • Atraksi Khusus : Wisata Pantai, Sunset, Taman Bermain Anak

sumber : http://disbudpar.belitungkab.go.id/pages/wisata/wisata-bahari/pantai-tanjung-pendam.php

3. Pantai Tanjung Tinggi

Pantai wisata Tanjung Tinggi adalah salah satu pantai favorit masyarakat belitung yang terkenal dengan keindahannya, sehingga pantai ini sering dijadikan tempat syuting film seperti film Laskar Pelangi, Bebatuan yang ada disekitar pantai ini seperti sebuah penataan alam yang  membuat penikmat alam merasa kagum atas kebesaran dan kekuasaan Tuhan Sang Maha Pencipta. Suasana di pantai Tanjung Tinggi ini sangat mempesona dan memiliki daya tarik tersendiri.



  • Lokasi : Desa Keciput, Sijuk
  • Jarak dari pusat kota : 31 Km
  • Fasilitas : Warung Makan / Minum, Mushola, Toilet
  • Atraksi Khusus : Wisata Pantai dengan Panorama Batu Granit
sumber : http://disbudpar.belitungkab.go.id/pages/wisata/wisata-bahari/pantai-tanjung-tinggi.php

4. Pulau Lengkuas dan Mercesuarnya


 
Pulau Lengkuas dan mercesuar, merupakan sebuah pulau yang berdekatan dengan obyek wisata pantai tanjung kelayang. Jarak tempuh dari pantai tanjung kelayang menuju pulau ini dengan perahu mesin membutuhkan waktu kurang lebih 30 menit. Obyek wisata ini berada di kecamatan sijuk. Pulau ini terkenal dengan mercusuar yang masih berdiri tegak, dibangun pada tahun 1882 oleh pemerintah kolonial belanda, sampai saat ini mercusuar tersebut masih berfungsi dengan baik sebagai penuntun lalu lintas kapal yang melewati atau keluar masuk pulau belitung.

Di pulau Lengkuas kita bisa menikmati suasana pantai yang sangat tenang. Disini juaga tersedia layanan untuk bebakaran bareng dengan teman-teman, atau keluarga kita. Jika anda seorang yang hobi dengan snorkling, diving nah disinilah tempat yang tepat. Karena area laut di sekitar pulau ini masih alami dan masih jarang tersentuh oleh tangan manusia. Pulau inilah yang pernah di jadikan tempat syuting Video Klip Laskar Pelangi (Nidji)
sumber : http://disbudpar.belitungkab.go.id/pages/wisata/wisata-bahari/pulau-lengkuas-dan-mercusuar.php



Komentar

Postingan populer dari blog ini

Wisata Alam Belitung

Desain G’ Café